Rabu, 03 Agustus 2016

Topan Nida Diperkirakan Segera Capai Pusat Tiongkok

 Solid Gold Berjangka


PT. Solid Gold Berjangka - Tiongkok mengeluarkan peringatan waspada akan masuknya badai Topan Nida yang sebelumnya melanda Hong Kong. China's State Oceanic Administration (SOA) juga mengeluarkan peringatan sangat waspada untuk gelombang laut dan badai.

Badai Nida dikhawatirkan akan segera mencapai Provinsi Guangdong dan ke utara Guangzhou. Sementara ini, Bandara Shenzen di Guangzhou membatalkan semua penerbangan dan lebih dari 600 kereta berkecepatan tinggi juga dibatalkan. Angin kencang telah melanda Provinsi Guizhou, di selatan Tiongkok.

"Badai topan diperkirakan bergerak dengan kecepatan 25 kilometer per jam ke arah Tiongkok dan akan mendarat di Provinsi Guangzhi pada malam hari," kata SOA dalam sebuah penyataan peringatan, seperti dikutip CNN, Rabu (3/8/2016).

SOA juga memperingatkan akan adanya risiko banjir dari hujan lebat yang terus menerus turun. "Gelombang tinggi hingga 11 meter bisa terjadi di lepas pantai Provinsi Guangdong," lanjutnya.

Topan Nida yang menghantam Hong Kong membuat kota sibuk itu sibuk. Sekitar 150 penerbangan dibatalkan menjelang kedatangan topan itu.

Kecepatan angin yang mencapai 151 kilometer per jam, menyapu kota Hong Kong. Sementara hujan deras turun sepanjang Senin 1 Agustus malam, waktu setempat dan pihak berwenang memperingatkan banjir dan longsor yang kemungkinan dipicu oleh cuaca buruk ini.

MTR, kereta bawah tanah Hong Kong juga hanya melayani perjalanan yang dekat dan terbatas, sementara sebagian besar rute bus dihentikan, juga semua perjalanan kapal feri dan tram.

Namun hingga kini, belum ada laporan mengenai korban jiwa, korban luka hingga kerusakan yang berat setelah angin kencang melanda Hong Kong.

Selain di Hong Kong dan Tiongkok, Filipina pun dihantam badai Nida pada Sabtu 30 Juli lalu. Banjir bandang dan longsor melanda Provinsi Zambales dan Bataan, serta Luzon Utara. Banjir bandang dan longsor tersebut dipicu oleh hujan yang lebat dan angin kencang selama sehari penuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar