Minggu, 24 Juli 2016

Gelar Tedak Siten, Ini Barang yang Dipilih Anak Bimbim Slank

Solid Gold BerjangkaBaru-baru ini Bimbim Slank menggelar prosesi Tedak Siten untuk anaknya yang telah memasuki usia delapan bulan. Acara adat itu diadakan di rumahnya, yang juga merupakan markas Slank di Jalan Potlot, Duren Tiga, Jakarta Selatan. 

Bagi Bimbim prosesi Tedak Siten ini memiliki makna yang lebih. Tidak hanya untuk sang buah hati, musisi ini rupanya ingin melestarikan budaya Jawa. 

"Kan kakeknya orang Jawa. Jadi, ikut upacara turun tanah, untuk ngenalin, ya, supaya membumilah supaya lebih perhatian sama masyarakat," terangnya saat ditemui, Sabtu (23/7). "Gue senang banget sama tradisi. Maksudnya, hal-hal yang jadi simbol, kayak tujuh anak tangga." 

Dalam prosesi ini anak diharuskan untuk mengambil sebuah benda yang menjadi perlambang akan menjadi apa dirinya kelak. Bimbim mengungkap, putranya, Maomettano Luke Almachmazumi rupanya memilih sebuah pulpen. 

"Pokoknya, emang ada perlambangan-perlambangan, kayak kemakmuran, alam, lingkungan, hubungan sesama manusia. Simbol-simbol itu yang tadi ada," ujar Bimbim. "Tadi ada ngambil benda, itu dia ngambil pulpen. Katanya nanti jadi orang pintar. Jadi penulis yang hebat. Atau akan tanda tangani cek miliaran rupiah." 

Meski putranya tidak mengambil alat musik, Bimbim mengaku tidak kecewa. Ia membebaskan apapun cita-cita buah hatinya kelak. "Nggak berharap, sih. Cuma, udah disiapin yang bagus-bagus semua di sini," pungkas Bimbim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar