Senin, 25 Juli 2016

Resmi Dibuka, Konvensi Nasional Demokrat Diwarnai Insiden

Solid Gold BerjangkaKonvensi Nasional (Partai) Demokrat (DNC) resmi dibuka pada Senin 25 Juli 2016 siang waktu Philadelphia, Amerika Serikat. Meski begitu, banyak insiden mewarnai konvensi ini.
Terutama yang paling mencolok tentunya, ialah kealpaan ketua komite Debbie Wasserman Schultz dari Weston. Sebagaimana dia telah menyatakan pengunduran dirinya semalam jelang konvensi, setelah surel-surel DNC tentang pemilihan presiden bocor ke publik.
“Saya telah memutuskan untuk tidak menjadi pengetuk palu demi memastikan konvensi Demokrat dimulai sebagaimana mustinya. Saya mundur kemarin karena saya ingin kita semua menyaksikan konvensi terbaik dalam sejarah partai. Semua orang perlu tahu bahwa Hillary Clinton bisa menjadi presiden terbaik,” ujarnya melalui telefon kepadaSun Sentinel, Selasa (26/7/2016).
Dalam hal ini, Schultz telah meminta Wali Kota Baltimore, Stephanie Rawlings-Blake untuk menggantikan posisinya. Blake diketahui merupakan sekretaris komite DNC.
Schultz sendiri menjadi ketua komite konvensi karena terpaksa. Lalu surel staf DNC yang ternyata sejak awal sudah lebih memfavoritkan Hillary dibanding Bernie Sanders terkuak ke muka umum. Insiden ini jelas menimbulkan kemarahan publik di AS.

Diwartakan The Guardian, Kasus ini juga memicu para pendukung Sanders berunjuk rasa di jalan-jalan sekitar lokasi penyelenggaraan konvensi. Mereka kecewa, sebab ternyata Demokrat telah berlaku tidak adil pada kandidatnya sendiri sejak awal mula pemilihan presiden.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar