Minggu, 24 Juli 2016

Gerakan Nasional 1.000 Startup Digelar Di Jakarta

Solid Gold Berjangka JAKARTA Gerakan Nasional mencari sebanyak 1000 startup digital kini sudah digelar untuk membantu memenuhi target pemerintah yang berencana mengumpulkan 1000 startup digital lokal pada 2020 mendatang.
Hargo Utomo, Direktur Pengembangan Usaha dan Inkubasi dari Universitas Gajah Mada mengatakan dalam waktu dekat ini, pihaknya tengah menargetkan akan menjaring sebanyak 400 startup digital lokal dari beberapa kota yang akan masuk ke dalam tahap berikutnya. Menurutnya, startup yang sudah terjaring pada tahap pertama akan mengikuti Ignition atau seminar yang menginsirasi para pelaku startup agar mampu bertahan dan berinovasi.
“Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ini menantang anak muda yang memiliki jiwa kewirausahaan tinggi, pola pikir yang benar, serta kemauan yang besar untuk berkomitmen,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (24/7).
Menurut Mentor Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tersebut, gerakan pencarian sebanyak 1000 startup digital ini tidak hanya untuk peserta yang memiliki kompetensi pemrograman aplikasi, tetapi juga untuk semua anak muda yang memiliki berbagai keahlian seperti di antaranya desain, komunikasi, bisnis, ekonomi, teknik, dan lainnya. “Gerakan ini butuh anak muda yang peduli dan menolak terbuai oleh potensi kebesaran Indonesia saja,” katanya.
Secara terpisah, Inisiator Komunitas Forum Web Anak Bandung (FOWAB), Yohan Totting mengatakan peserta Gerakan Nasional 1000 startup digital yang akan terpilih yaitu peserta yang memiliki visi dan misi kuat untuk membangun ekosistem startup digital agar dapat memajukan Indonesia. “Perlu diketahui, program ini bukan kompetisi untuk mendapatkan hadiah atau penghargaan tertentu, namun untuk menciptakan ekosistem startup digital,” ujarnya.
Menurut Yohan, peserta startup digital yang berencana mengikuti program tersebut dapat langsung mendaftar dengan mengisi form registrasi di reg.1000startupdigital.id. Dia menjelaskan program pencarian startup ini terbuka untuk yang sudah ataupun belum memiliki ide, sudah atau belum memiliki tim, maupun yang sudah memiliki produk.
“Sebagai salah satu syarat pendaftaran, peserta harus membuat sebuah video berdurasi maksimal 2 menit dan menggambarkan masalah besar yang ingin diselesaikan, kemudian di-upload ke YouTube dengan menyertakan hashtag #1000startupdigital,” tukasnya.
Seperti diketahui, Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah memiliki program pencarian startup digital untuk membantu pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Rencananya, pemerintah telah menargetkan akan membantu sebanyak 1000 startup digital yang diprediksi terealisasikan pada 2020 mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar