Senin, 25 Juli 2016

Kudus Kembali Raih Adipura

Solid Gold BerjangkaKabupaten Kudus kembali meraih Adipura tahun ini. Kota Keretek memperoleh apresiasi pengelolaan lingkungan dari pemerintah pusat karena dianggap berhasil dalam pengelolaan dan pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPA).
Menurut Kadinas Cipkataru, Sumiyatun, tahun ini Adipura dibagi menjadi lima kategori, yakni Buwana, Kirana, Karya, Bhakti, dan Paripurna. Sementara tahun-tahun sebelumnya hanya ada Adipura dan Adipura Kencana.
“Yang membanggakan, pada momen perdana ini Kabupaten Kudus meraih Adipura Kirana,” katanya.
Penyerahan dilangsungkan pada puncak acara Hari Lingkungan Hidup Dunia di Kabupaten Siak, Riau, Jumat (22/7). Penilaian penghargaan Adipura Kirana ini dititikberatkan pada kota yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang bertumpu pada perdagangan, pariwisata, investasi, dan lingkungan hidup.
Termasuk nilai tertinggi untuk Kudus yaitu penilaian dalam pengelolaan sampah. Yang juga berbeda pada penilaian tahun ini dan tahun sebelumnya adalah proses penilaiannya. Jika sebelumnya penilaian dilakukan beberapa kali dengan verifikasi sekali, tahun ini justru sebaliknya. “Termasuk di Kudus yang menjadi salah satu nominator,” paparnya.
Di Pemkab Kudus, pengelolaan sampah terpadu yang dilakukan oleh Dinas Cipkataru. Prioritas pengelolaan sampah di Pemkab Kudus diwujudkan dengan adanya program bank sampah, adanya becak sampah di setiap kelurahan. Juga pengolahan sampah di sekolah-sekolah, maupun masyarakat untuk dijadikan barang yang bernilai ekonomis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar